Fakta Menarik Eiffel yang Perlu Diketahui

52e4d4454d52ac14f1dc8460962a3f7f1d37d8f852577141752c7cd2904f_640_eiffel

Eiffel Tower atau menara Eiffel di Paris merupakan landmark paling terkenal di dunia.  Setiap tahunnya ada jutaan wisatawan dari berbagai negara yang mengunjunginya. Di balik keindahan dan kemegahannya, ternyata terdapat beberapa faka menarik Eiffel yang belum banyak diketahui. Berikut adalah beberapa sejarah dan fakta menarik dari La Tour Eiffel ini.

Sejarah dan Fakta Menarik Eiffel yang Perlu Diketahui

  1. Bangunan Bertambah Tinggi Saat Musim Panas

Menara Eiffel dibangun dengan kerangka besi yang total beratnya mencapai 10.100 ton. Saat musim panas, menara ini bisa tumbuh sesuai dengan prinsip pemuaian pada besi. Ketinggiannya dapat bertambah 15cm hingga 17cm yang dipengaruhi oleh panas sinar matahari. Ekspansi panas pada bagian yang menghadap matahari juga membuat puncak menara ini dapat bergeser 18cm dari matahari.

  1. Pernah Menjadi Bangunan Tertinggi di Dunia

Selesai dibangun pada tahun 1889 dengan ketinggian menara mencapai 300 meter. Menjadi menara tertinggi di dunia selama lebih dari empat dekade sejak pertama kali dibuka. Kemudian pada tahun 1930, menara Chrysler di New York dengan ketinggian menggeser posisi menara Eiffel menjadi bangunan tertinggi di dunia.

  1. Memiliki 20.000 Lampu

Selain kemegahannya, menara besi ini juga menarik wisatawan dengan hiasan lampu-lampunya yang begitu indah di malam hari. Total ada 20.000 lampu yang digunakan untuk menghiasi seluruh kerangka menari dari bawah hingga puncak. Atraksi lampu tampil setiap jam sekali selama 5 menit dengan berkedip indah. Selain itu, faka menarik Eiffel adalah keindahan lampu tersebut memiliki hak cipta yang membuat wisatawan dilarang mengambil gambar atau video saat malam hari. Atraksi lampu di menara Eiffel merupakan sebuah karya seni yang dilindungi Societe Nouvelle d’Exploitation de la Tour Eiffel.

menara eiffel photo
Photo by unicellular
  1. Seharusnya Berdiri Selama 20 Tahun Saja

Menara besi raksasa ini awalnya dibangun hanya untuk pusat perhatian saat event World’s Fair tahun 1889 di Paris.  Rencananya pada tahun 1909 Eiffel akan dirubuhkan, namun diurungkan oleh pemerintah Paris karena antena radio di menara ini berguna. Rencana pembongkaran menara ini kembali muncul saat Jerman menduduki Prancis. Hitler memerintahkan menara Eiffel dirubuhkan, namun ditolak oleh Jenderal Dietrich von Chotlitz.

  1. Memiliki Laboratorium Tersembunyi

Landmark Paris yang dibangun Gustave Eiffel ini memiliki laboratorium meteorologi di dalamnya. Laboratorium tersembunyi dibangun di lantai tiga yang digunakan untuk para ilmuwan Prancis melakukan percobaan sains. Eiffel juga menjadi menara tinggi yang dilengkapi dengan lift dan anak tangga. Berbeda dengan kebanyakan bangunan tinggi yang hanya menyediakan lift untuk mencapai puncak. Eiffel memiliki 1.665 anak tangga yang bisa digunakan untuk wisatawan naik ke puncak menara.

Itulah beberapa faka menarik Eiffel di Paris, Prancis yang perlu diketahui. Kemegahan dan segala daya tariknya membawa Eiffel menjadi monumen yang paling banyak dikunjungi.  

Jatmiko Prakasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *